Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat,
pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer
mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan
beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer
yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak
diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan
cara-cara untuk membantu manajemen di dealer
tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer
penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi ia tidak
menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan
keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal
pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah
menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki
Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar
mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi
pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1.
Berdasarkan kasus Rizki Mobilku,
jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses
menjadi informasi di Rizki Mobilku?
2.
Apakah saran anda terhadap
kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?
Jawab
- Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah , sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa gambar , suara , huruf , angka , atau simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan , objek , kejadian atau suatu konsep.
Sedangkan , Informasi adalah hasil
pengolahan dari data dan memiliki nilai tertentu , dan bisa digunakan untuk
menambah pengetahuan bagi penerimanya.
Dalam kasus diatas data yang bisa proses menjadi informasi
yaitu data para pemilik mobil
yang membeli mobil di dealer tersebut. Dengan data ini , perusahan bisa dengan
mudah mengetahui siapa saja para pemilik mobil serta dapat berkomunikasi dengan
konsumen dan membuka peluang untuk para pemilik mobil melakukkan pemeliharaan kendaraannya
di dealer tersebut dan bukan tidak mungkin para pemilik mobil akan membeli
mobil kembali di dealer tersebut. Jadi jika para pemilik kendaraan nantinya
puas dengan pelayanan dealer maka mereka akan memberitahu rekan atau sodaranya
untuk membeli mobil didealer dan melakukan perawatan didealer tersebut.
otomatis kuntungan dealer bisa jauh lebih meningkat
- Saran untuk kasus diatas manajemen perusahaan harus mampu memberikan kinerja terbaik dan harus mampu untuk melihat segala peluang yang ada . perusahaan juga seharusnya selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen , perusahaan juga harus memikirkan bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen baik itu dalam hal perawatan maupun penjualan mobil . dan perusahaan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada agar dapat memajukan perusahaan itu sendiri , perusahaan juga dituntut lebih kreatif agar tidak kalah saing dengan perusahaan yang lainnya karena di era teknologi ini persaingan begitu pesat dan begitu kompetitif
0 komentar:
Posting Komentar