1. Arti Pentingnya Organisasi
Definisi
Organisasi Menurut Para Ahli
- Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)
- Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
- Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
Jadi bisa disimpulkan Organisasi adalah bentuk
formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji,
kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk
mencapai tujuan bersama
Sejarah Organisasi
Organisasi di Indonesia sendiri sudah ada sejak dr.sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 mei 1908 . mendirikan sebuah organisasi bernama Budi Utomo. organisasi ini yang menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan indonesia alaupun saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan di jawa
Pengertian /
Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Formal
Organisasi formal adalah Kumpulan dari dua orang atau
lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta
dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah,
Negara, dan lain sebagainya.
Organisasi Informal, Organisasi informal Adalah Kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktivitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu satu kampung, belajar bersama anak-anak sd, Tamasya ke gunung Salak dengan teman, dan lain-lain.
·
- Hubungan-hubungan
antar pribadi. Hubungan-hubungan antar pribadi didalam organisasi formal digambarkan jelas, sedangkan dalam organisasi informal tergantung pada
kebutuhan mereka.
- Kepemimpinan, Para pemimpin dirancang dan ditentukan dalam formal serta muncul dan
dipilih dalam informal.
- Pengendalian
perilaku, Organisasi formal mengendalikan
perilaku karyawan melalui penghargaan dan hukuman, sedangkan kelompok informal
mengendalikan para anggota dengan pemenuhan kebutuhan.
- Ketergantungan, Karena kapasitas pemimpin formal terletak pada penghargaan dan hukuman, bawahan-bawahan lebih tergantung dari pada para anggota suatu kelompok informal. Walaupun ada, perbedaan tersebut adalah suatu kesalahan bila menganggap kelompok formal dan informal sebagai dua kesatuan organisasi yang terpisah. Keduanya hidup bersama dan tidak dapat dipisahkan setiap organisasi formal selalu mempunyai organisasi informal dan setiap organisasi informal berkembang dalam berbagai tingkatan formal.
Teori Organisasi
Teori Organisasi adalah teori yang
mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi, Salah satu kajian teori
organisasi, diantaranya membahas tentang bagaimana sebuah organisasi
menjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut.
Selain itu, dipelajari bagaimana sebuah organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi
oleh orang didalamnya maupun lingkungan kerja organisasi tersebut.
Menurut
Lubis dah Husein (1987) bahwa teori organisasi itu adalah sekumpulan ilmu
pengetahuan yang membecarakan mekanisme kerjasama dua orang atau lebih secara
sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Teori organisasi
merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu
2.
2. Hubungan Antara Manajemen , Organisasi , dan Tata Kerja
Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui
kerja sama antar manusia.
· Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan
alat bagi pengelompokkan kerja sama.
· Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan
kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
0 komentar:
Posting Komentar