• organisasi dan metode

    1. Arti Pentingnya Organisasi
    Definisi  Organisasi  Menurut  Para  Ahli
    1. Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)
    2. Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.   
    3. Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.  
    4. Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
    Jadi  bisa disimpulkan Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama 
     
     Sejarah Organisasi
    Organisasi di Indonesia sendiri sudah ada sejak dr.sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 mei 1908 . mendirikan sebuah organisasi bernama Budi Utomo. organisasi ini yang menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan indonesia alaupun saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan di jawa
     
     Pengertian / Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Formal
    Organisasi formal adalah Kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.

    Organisasi Informal, Organisasi informal Adalah Kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktivitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu satu kampung, belajar bersama anak-anak sd, Tamasya ke gunung Salak  dengan teman, dan lain-lain.
    ·         
    •   Hubungan-hubungan antar pribadi. Hubungan-hubungan antar pribadi didalam organisasi  formal digambarkan jelas, sedangkan dalam organisasi informal tergantung pada kebutuhan      mereka.
    •   Kepemimpinan, Para pemimpin dirancang dan ditentukan dalam formal serta muncul dan dipilih dalam informal.
    • Pengendalian perilaku, Organisasi formal mengendalikan perilaku karyawan melalui penghargaan dan hukuman, sedangkan kelompok informal mengendalikan para anggota dengan  pemenuhan    kebutuhan.
    • Ketergantungan, Karena kapasitas pemimpin formal terletak pada penghargaan dan hukuman, bawahan-bawahan lebih tergantung dari pada para anggota suatu kelompok informal. Walaupun ada, perbedaan tersebut adalah suatu kesalahan bila menganggap kelompok formal dan informal sebagai dua kesatuan organisasi yang terpisah. Keduanya hidup bersama dan tidak dapat dipisahkan setiap organisasi formal selalu mempunyai organisasi informal dan setiap organisasi informal berkembang dalam berbagai tingkatan formal.


    Teori Organisasi
                                                                                                                                              
    Teori Organisasi adalah teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi, Salah satu kajian teori organisasi, diantaranya membahas tentang bagaimana sebuah organisasi menjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut. Selain itu, dipelajari bagaimana sebuah organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang didalamnya maupun lingkungan kerja organisasi tersebut.
    Menurut Lubis dah Husein (1987) bahwa teori organisasi itu adalah sekumpulan ilmu pengetahuan yang membecarakan mekanisme kerjasama dua orang atau lebih secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Teori organisasi merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu
    2.     
    2. Hubungan Antara Manajemen , Organisasi , dan Tata Kerja 
              Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
    ·        Organisasi   : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
    ·     Tata kerja   : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
    Dari konsep tersebut, sudah jelas bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya suatu tujuan. Dan ketiganya memiliki hubungan yang sangat terkait satu dengan yang lainnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    16920, Bogor, Jawa Barat

    EMAIL

    nandaeka95@gmail.com
    ekanurrachmatnanda@gmail.com

    TELEPHONE

    0895397970234
    +501 478 9800

    MOBILE

    0895397970234,
    0895397970234