• Rangkuman Tugas Sistem Informasi Akutansi



    Pengertian  DFD

    Data Flow Diagram (DFD) merupakan suatu cara atau metode untuk membuat rancangan sebuah sistem yang mana berorientasi pada alur data yang bergerak pada sebuah sistem nantinya. Dalam pembuatan Sistem Informasi. DFD dibuat oleh para analis untuk membuat sebuah sistem yang baik.

    Pengertian ERD

    ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. 

    Pada dasarnya ada tiga simbol yang digunakan, yaitu entitas, atribut, dan relasi. Disini kami mencoba membuat DFD berupa diagram konteks dan juga ERD dari Sistem Penyewaan Mobil seperti dibawah ini.

    Sistem Penyewaan Mobil
     
    Diagram Konteks  menggambarkan satu lingkaran besar yang dapat mewakili seluruh proses yang terdapat di dalam suatu sistem. Merupakan tingkatan tertinggi dalam DFD dan biasanya diberi nomor 0 (nol). Semua entitas eksternal (terminator) yang ditunjukkan pada diagram konteks berikut aliran-aliran data utama menuju dan dari sistem. Diagram ini sama sekali tidak memuat penyimpanan data dan tampak sederhana untuk diciptakan.
    Dari  dfd sistem penyewaan mobil diatas bisa dilihat bahwa dalam sistem penyewaan mobil memiliki 3 terminator atau eksternal  entity yaitu :

    • ·         pelanggan
    •             admin
    • ·         pimpinan penyewaan mobil
    dan satu simbol proses yaitu sistem informasi penyewaan mobil itu sendiri disimbolkan dengan lingkaran.

    Alur data dari  terminator pelanggan data pelanggan akan menuju ke sistem penyewaan mobil. setelah data diproses. alur data selanjutnya akan menuju ke terminator admin dan admin akan memberikan konfirmasi mengenai data pelanggan ke sistem. selanjutnya alur datanya sistem akan memberikan informasi kepada pelanggan berupa info mengenai kuitansi pembayaran penyewaan mobil serta info-info lainnya.

    ERD ini untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. Pada dasarnya ada tiga simbol yang digunakan, yaitu entitas, atribut, dan relasi.

    1. Entitas
    Entitas adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan sebagai individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistentinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Entitas digambarkan dengan bentuk persegi. entitas yang dpakai dalam ERD sistem penyewaan mobil adalah :
    • ·         Pelanggan
    • ·         agen rental
    • ·         mobil
    • ·         supir

    2. Atribut
    Atribut merupakan pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut digambarkan dalam bentuk lingkaran atau elips. Atribut yang menjadi kunci entitas atau key diberi garis bawah. Contoh atribut yang terdapat di dalam ERD sistem penyewaan mobil adalah : 

    • ·         Nama rental
    • ·         id rental
    • ·         alamat rental
    • ·         no telp
    • ·         jumlah mobil

    3. Relasi atau Hubungan
    Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda.  Relasi digambarkan dalam bentuk bangun datar belah ketupat.
    Contoh :

    Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Relasi dapat digambarkan sebagai berikut :
     

    Relasi yang terjadi diantara dua himpunan entitas (misalnya A dan B) dalam satu basis data yaitu:
    1). Satu ke satu (One to one)
    Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B.

     

    2). Satu ke banyak (One to many)
    Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi setiap entitas pada entitas B dapat berhubungan dengan satu entitas pada himpunan entitas A.
     

    3). Banyak ke banyak (Many to many)
    Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    16920, Bogor, Jawa Barat

    EMAIL

    nandaeka95@gmail.com
    ekanurrachmatnanda@gmail.com

    TELEPHONE

    0895397970234
    +501 478 9800

    MOBILE

    0895397970234,
    0895397970234